15 Manfaat dan Khasiat Madu Yaman Sidr Baghiyah

Madu sidr baghiyah memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh. Madu sidr dikenal sangat ampuh didalam membunuh bakteri dan sel kanker.

manfaat madu yaman sidr baghiyah fakhir dau'ani dan ushaimi
Manfaat dan khasiat madu yaman sidr baghiyah

MaduYaman.id – Manfaat Madu Yaman Sidr Baghiyah. Madu sidr termasuk salah satu madu terbaik dunia dikarenakan kemampuannya yang tinggi didalam membunuh bakteri.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ottawa menunjukkan kalau kemampuan madu sidr ini seimbang dengan madu manuka yang sangat terkenal itu. Keduanya sama-sama ampuh didalam membunuh bakteri dan sel kanker.

Selain dari kemampuannya yang hebat madu sidr juga memiliki rasa yang sangat nikmat, kebanyakan orang yang baru pertama kali mencobanya merasa dimanjakan dengan rasanya yang nikmat, tidak terlalu manis dan tidak eneg dimulut. Tekstur yang lembut dan kental ini membuat lidah merasakan sensasi tersendiri. Ditambah lagi aroma sidr yang kuat menambah cita rasa yang istimewa.

Madu yaman sidr baghiyah yang kaya manfaat
Madu yaman sidr baghiyah yang kaya manfaat

Manfaat Madu Yaman Sidr Baghiyah

Dikutip dari beberapa sumber madu sidr memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah :

Manfaat madu sidr bagi pengidap diabetes

Para pengidap diabetes disarankan dokter untuk menghindari makanan yang banyak mengandung manis, terutama yang mengandung gula tambahan. Dikarenakan penyakit ini sangat berkaitan erat dengan kadar gula yang berlebihan. Lalu, bagaimana dengan madu sidr?

Madu sidr padanya terdapat 80% karbohidrat yang sebagiannya adalah fruktosa dan glukosa. Fruktosa merupakan pemecahan karbohidrat yang lambat diserap oleh usus. Oleh karena itu bisa memberikan respon yang lambat pada kenaikan kadar gula darah dibandingkan dengan jenis karbohidrat lainnya. Karakteristik fruktosa ini membuat madu sidr dianggap dapat digunakan sebagai pengganti gula yang baik untuk pengidap diabetes.

Madu sidr untuk kanker dan jantung

Madu sidr mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel jahat di tubuh kita, termasuk kanker. Tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker, madu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung berkat kandungan antioksidan dan flavonoid.

Madu sidr adalah madu yang kaya akan fenol dan senyawa antioksidan lainnya. Oleh sebab itu manfaat madu sidr yang tak kalah penting ialah menjaga kesehatan jantung. Atau setidaknya membantu pengurangan risiko penyakit jantung.

Madu sidr memperkuat sistem kekebalan tubuh

dr. Anshul Jaibharat yang merupakan seorang ahli gizi dari India, menyatakan bahwa madu memiliki manfaat untuk antioksidan dan antibakteri. Sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, dokter ini menyarankan untuk mengonsumsi rutin madu setiap hari khususnya pagi hari.

Dikarenakan, banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan apabila mengkonsumsi madu sidr secara rutin. Terlebih pada tubuh anak-anak yang masih akif beraktivitas dan mengeksplor diri.

Madu sidr membantu penyembuhan luka dan luka bakar

Terdapat sebuah penelitian ilmiah yang ditulis pada jurnal Wounds, yang katanya madu memiliki sederet kandungan yang mempunyai khasiat untuk mengobati luka. Baik luka terbuka maupun luka tertutup

Hal itu dikarenakan madu sidr mengandung banyak senyawa antibakteri, di antaranya nitrogen monoksida dan hidrogen peroksida. Manfaat madu sidr ini bisa mencegah risiko terjadinya infeksi pada luka.

Madu sidr menurunkan kolesterol

Madu sidr mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tak hanya itu, kandungan di dalam madu sidr juga bisa mencegah endapan pada dinding pembuluh darah.

Madu sidr membuat tidur menjadi nyenyak

Mengonsumsi madu sidr baghiyah secara rutin sebelum tidur dapat membuat tidur kita lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil saat kita minum madu sebelum tidur.

Dr. Tessa Lewis yang merupakan Ketua pedoman peresepan antimikroba di Harvard Medical School mengatakan “Insulin bisa merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan kemudian diubah menjadi serotonin yang merupakan hormon relaksasi yang kemudian membuat suasana hati yang baik dan bisa membuat tidur pulas.”

Madu sidr meningkatkan imunitas tubuh

Madu sidr memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antijamur. Selain itu, madu sidr juga kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol. Madu sidr telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan. Tak heran, sejak pandemi melanda, madu sidr yaman menjadi salah satu produk alami yang banyak dicari masyarakat.

Madu sidr meredakan batuk dan sakit tenggorokan

The Centers for Disease Control and Prevention, meminum madu terbukti bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan yang disertai dengan gejala batuk. Jurnal Molecules mengungkapkan bahwa nyatanya madu memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, antijamur, dan juga memiliki sifat antidiabetik.

Madu sidr mengurangi berat badan

Demikian pula untuk berat badan, madu sidr dikenal bisa mengontrol berat badan dengan cara mengkonsumsi rutin ketika malam hari, hal ini dikarenakan kandungan glukosa pada madu sidr bisa menjadi kalori dalam tubuh, sehingga bisa menjadi tenaga dan mencegah rasa lapar pada malam hari.

Madu yaman sidr baghiyah yang kaya manfaat
Madu yaman sidr baghiyah yang kaya manfaat

Madu sidr meningkatkan energi

Madu sidr merupakan salah satu sumber alami guna meningkatkan energi tubuh. Sebab, fruktosa dan glukosa yang terkandung di dalamnya, masuk ke aliran darah dan memberikan dorongan yang cepat untuk menambah energi kita.

Madu sidr mengurangi gejala maag

Madu sidr bisa bekerja untuk meringankan gejala refluks pada asam lambung dengan cara mencegah peradangan lalu melapisi selaput lendir kerongkongan. Sehingga, madu sidr bisa mengurangi sensasi rasa terbakar yang biasa dirasakan saat asam lambung naik.

Madu sidr mengobati penyakit asam urat

Pada sebuah penelitian, madu dapat meredakan gejala asam urat. Hal itu dikarenakan madu mengandung protein, vitamin dan mineral, riboflavin, zat besi, niasin, kalsium, tembaga, magnesium, pottasium juga zinc. Dikarenakan banyaknya kandungan tersebut pada madu sidr, sehingga bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi rutin untuk meredakan asam urat.

Madu sidr mencegah penuaan dini dan membuat awet muda

Menggunakan madu sidr sebagai masker wajah dapat melembapkan, menenangkan, dan menangkal tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Bisa dengan cara mengoleskan madu sidr pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian mendiamkannya selama beberapa menit. Untuk hasil yang terbaik, bisa mengulang-ulang perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu atau bahkan setiap hari. Dengan begitu kita pun akan dibuat awet muda.

Madu sidr mengatasi bibir pecah-pecah

Dengan mengoleskan secara rutin madu sidr pada bibir dipercaya dapat menjadikan bibir lembap dan bisa menghilangkan pecah-pecah. Selain melembapkan, madu sidr dapat mencegah bibir menjadi terinfeksi karena madu sidr mengandung antioksidan, antiradang, dan antibakteri.

Kandungan Gizi Madu Secara Umum Per 100gr

Komponen Kuantitas
Energi  1,272 kJ (304 kcal)
Karbohidrat  82.4 g
– Gula  82.12 g
– Serat pangan  0.2 g
Lemak  0 g
Protein  0.3 g
Air  17.10 g
Riboflavin (Vit. B2)  0.038 mg (3%)
Niasin (Vit. B3)  0.121 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5)  0.068 mg (1%)
Vitamin B6  0.024 mg (2%)
Folat (Vit. B9)  2 μg (1%)
Vitamin C  0.5 mg (1%)
Kalsium  6 mg (1%)
Besi  0.42 mg (3%)
Magnesium  2 mg (1%)
Fosfor  4 mg (1%)
Kalium  52 mg (1%)
Natrium  4 mg (0%)
Zink  0.22 mg (2%)

Cara Konsumsi Madu Yaman Sidr Baghiyah

Cara konsumsi madu sidr cukup variatif, anda bisa menambahkan langsung ke makanan yang sedang dikonsumsi sebagai toping makanan, seperti ketika konsumsi teh, outmeal, roti. dll

Akan tetapi yang pasti untuk waktu konsumsi terbaik madu adalah pada pagi hari, ketika perut masih kosong dan belum terisi apapun. Bisa dikonsumsi langsung dengan dimakan atau dicairkan kedalam air hangat.

Kemudian konsumsi kembali pada malam hari sebelum tidur, ini sangat bagus sekali untuk menjaga tubuh dari berbagaimacam penyakit yang akan berkembang ketika kita tidur. Dan membuat tidur lebih berkualitas serta bangun dengan tubuh terasa lebih fit.