Apa Saja Khasiat Madu Yaman Untuk Ibu Hamil?

Khasiat madu yaman untuk ibu hamil diantaranya dapat membantu menguatkan janin, mengurangi rasa mual, dan juga menjadi suplemen penambah tenaga ibu.

MaduYaman.id – Khasiat Madu Yaman Untuk Ibu Hamil. Madu adalah cairan alami hasil nektar yang dihasilkan oleh lebah. Dan madu juga merupakan pengganti yang bagus untuk gula rafinasi yang rasanya sudah pasti enak. Bahan satu ini merupakan sumber antioksidan yang baik, dan asam amino dan digunakan untuk tujuan pengobatan juga.

Akan tetapi ada beberapa permasalahan yang harus diketahui bagi ibu hamil jika ingin mengkonsumsi madu, terutama madu yaman, apa saja itu ? yuk kita bahas pada artikel kali ini.

Apa Saja Khasiat Madu Yaman Untuk Ibu Hamil?
Apa Saja Khasiat Madu Yaman Untuk Ibu Hamil?

Bolehkah ibu hamil minum air madu?

Dilansir dari Verywell Family, minum madu umumnya tidak berbahaya bagi ibu hamil. Otoritasi kesehatan seperti American College of Obstetricians and Gynecologists AS juga tidak memasukkan madu ke dalam rekomendasi makanan dan minuman yang harus dihindari ibu hamil.

Diantara alasan ibu hamil boleh minum madu adalah karena sistem pencernaan orang dewasa termasuk ibu hamil dapat menangani mikroba seperti bakteri clostridium. Dan juga usus orang dewasa yang sehat memiliki banyak flora pelindung yang bisa mencegah clostridium berbiak di saluran pencernaan. Hal itu dapat mencegah botulisme.

Sedangkan alasan keduanya adalah dikarenakan racun botulisme tidak dapat menular ke janin. Studi pada 2010 menunjukkan, berat molekul toksin botulinum tidak mungkin melewati plasenta, terlebih menjangkau janin. Yang berarti ibu hamil yang minum madu dan memiliki spora botulisme di tubuhnya tidak bisa menularkan pada janin dalam kandungannya.

Apa saja manfaat madu yaman untuk ibu hamil?

Seperti kita tahu madu yaman memang memiliki banyak sekali manfaat, tidak terkecuali untuk ibu hamil. Namun apa saja manfaat madu terbesar yang bisa dirasakan oleh ibu hamil ?

1. Membantu Menjaga Kesehatan dan kebersihan Kulit Ibu Hamil dan Janin

Madu dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit ibu hamil dan janin. Pada masa awal-awal kehamilan, ibu hamil seringkali mengalami masalah-masalah pada tubuh yang mengakibatkan ibu terasa begah dengan badannya sendiri. Walaupun begitu, ibu hamil harus senantiasa menjaga asupannya agar hormon dan tubuh ibu menjadi lebih baik. Vitamin C yang terkandung dalam madu membantu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit ibu hamil dan janin.

2. Suplemen Penambah Tenaga dan Ketahanan Diri Selama Mengandung

Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama juga sebagai suplemen penambah tenaga dan ketahanan diri ibu hamil selama mengandung dan pada saat menjelang masa kelahiran bayi. Ibu hamil harus sedia tenaga lebih banyak ketika mengandung sang bayi. Kekuatan kandungan pada trimester pertama akan berdampak hingga masa persalinan ibu hamil tiba. Ibu akan lebih siap dan lebih kuat untuk menjalani proses persalinan. 

3. Dapat Membantu Mengurangi Rasa Mual

Ibu hamil pada kisaran minggu 1-13 pertama seringkali merasakan mual. Nah rasa manis yang ada pada madu ini bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa mual yang dirasakan ibu selama kehamilan, khususnya pada trimester pertama.

4. Membantu Menguatkan Janin

Ibu hamil sangat rentan terhadap pergerakan-pergerakan yang berdampak pada keguguran. Zat galian yang terkandung dalam madu dapat membantu menguatkan janin. Pada awal kehamilan, rasa khawatir yang dirasakan ibu tentunya berdampak terhadap kekuatan janin. Ibu harus selalu tenang dan tentunya tetap menjaga asupan makanan agar janin tetap kuat dan sehat.

5. Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Manfaat madu yaman untuk ibu hamil pada trimester pertama berikutnya adalah mencegah berbagai jenis penyakit, seperti kelelahan, darah tinggi, kencing manis, kencing kotor, hingga penyakit batuk, selesema, dan bermacam jenis penyakit lainnya. Pada minggu pertama kehamilan, ibu hamil sangat rentan mengalami kelelahan. Dengan mengonsumsi madu dipercaya dapat memperkuat tubuh ibu dan mencegah ibu dan dari berbagai jenis penyakit.

6. Mengatasi Keluhan Susah Buang Air Besar (BAB)

Madu dapat melancarkan buang air besar ketika masa kehamilan sang ibu. Perubahan hormonal pada masa kehamilan yang mengakibatkan kondisi ibu hamil menurun adalah masalah pencernaan.

Berapa sendok madu yaman untuk ibu hamil?

Walaupun madu memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, kita tetap perlu memerhatikan beberapa hal sebelum mengonsumsinya. Madu tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena berisiko memicu diabetes gestasional. 

Dalam sehari, takaran madu untuk ibu hamil yang tepat adalah 3-5 sendok makan atau 180-200 kalori.

Madu mengandung banyak gula, seperti glukosa, fruktosa, dan maltosa.

Dari satu sendok makan madu, mengandung 44 kalori. Sementara selama kehamilan, asupan gula tidak boleh lebih 10 persen dari kebutuhan kalori per hari, yaitu 300 kalori.

Dan yang paling penting untuk diperhatikan, pastikan madu yaman yang ibu hamil konsumsi adalah madu asli dan murni ya, agar kwalitas dan manfaatnya terjaga!