Apa Manfaat dan Khasiat Madu Yaman Asli ?

Diantara manfaat atau khasiat madu yaman bagi kesehatan adalah mengurangi resiko serangan jantung, menangkal radikal bebas, sebagai sumber nutrisi.

MaduYaman.id – Manfaat Madu Yaman AsliAda beragam manfaat atau khasiat madu yaman bagi kesehatan. Selain untuk meningkatkan stamina, madu yaman ini juga berkhasiat dalam menjaga imunitas tubuh, meredakan batuk, hingga memelihara kesehatan jantung.

Apa Manfaat dan Khasiat Madu Yaman Asli ?
Apa Manfaat dan Khasiat Madu Yaman Asli ?

Manfaat madu yaman yang bisa kita rasakan ini didapat dari kandungan nutrisinya yang beragam. Di samping gula yang membuatnya terasa manis, madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Kandungan tersebut juga terdapat pada produk lain yang dihasilkan lebah, seperti bee pollen dan propolis.

Berikut ini adalah 10 Khasiat madu yaman untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin :

1. Madu yaman mengobati batuk

Sebuah studi yang terbit dalam Journal Pediatrics pada tahun 2012 menemukan bahwa konsumsi dua sendok teh madu bisa membantu meredakan gejala batuk. Hal ini diketahui karena sifat anti-mikroba dalam madu yang bisa membunuh bakteri tertentu. 

2. Madu yaman mengurangi risiko terkena serangan jantung

Madu mengandung antioksidan yang tinggi yang dengannya dapat menangkal pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh, termasuk kanker.

Tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker, madu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung berkat kandungan antioksidan dan flavonoid. Madu juga dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah, sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

3. Madu yaman menangkal radikal bebas

Senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin pada madu merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Khasiat madu yaman ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kemampuan madu yaman ini, di antaranya memperkuat sel imun tubuh, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, serta mencegah diabetes, serangan jantung, hingga kanker.

4. Madu yaman membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat meminum madu yaman sebelum tidur akan membuat tidur terasa lebih nyenyak. Kandungan insulin dalam madu yaman murni bisa meningkatkan kualitas tidur. Untuk Anda yang merasa kesulitan tidur atau insomnia, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi madu yaman murni secara rutin sebelum tidur. 

5. Madu yaman sebagai sumber nutrisi yang lengkap

Tubuh kita membutuhkan banyak nutrisi dalam setiap harinya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kandungan madu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi madu yaman setiap hari, merupakan cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

6. Madu yaman mengontrol berat badan

Tidak sedikit orang mengira bahwa mengonsumsi madu yaman sebelum tidur bisa meningkatkan berat badan. Padahal khasiat madu lainnya jika dikonsumsi sebelum tidur bisa menurunkan berat badan.

Dengan mengonsumsi madu mampu membakar lemak dengan cepat, sekaligus meningkatkan fungsi hati. Selain itu, madu yang dikonsumsi sebelum tidur juga bisa menekan keinginan untuk makan, sehingga selama malam hari tidak merasakan lapar, dan berat badan lebih terkontrol.

7. Madu yaman membuat kulit akan terlihat bercahaya

Bila kita mengonsumsi rutin setidaknya satu sendok teh madu yaman asli setiap hari, kulit akan terlihat bercahaya dan sehat. Ini karena kandungan asam amino madu mendukung pembangunan kembali dan perbaikan jaringan untuk menjaga fondasi di bawah kulit yang montok dan kuat.

Desiree Lie, profesor klinik kedokteran keluarga di Keck School of Medicine menjelaskan bahwa madu memiliki tindakan debriding dan pembersihan serta penghalang untuk mencegah infeksi.

8. Madu yaman meningkatkan metabolisme tubuh

Madu yaman mengandung banyak nutrisi, maka dengan mengonsumsi madu ini secara rutin dengan sendirinya metabolisme tubuh akan meningkat.

9. Madu yaman membunuh bakteri dalam tubuh

Pada beberapa studi klinis dan penelitian, madu turut andil dalam membasmi bakteri yang dapat menyerang tubuh dan membuat tubuh sakit seperti E. coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa.

10. Madu yaman meningkatkan imunitas tubuh

Senyawa fitonutrien yang terkandung dalam madu yaman dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. Hal ini tentunya akan memperkecil terjadinya infeksi. Ditambah lagi, madu juga diketahui memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

Demikianlah beberapa manfaat madu yaman yang bisa dirasakan apabila dikonsumsi secara rutin. Semoga bermanfaat!