Mengenal Madu Yaman Sidr, Madu Sumroh dan Madu Mara'i

Informasi lengkap dan detail tentang madu yaman sidr, madu yaman sumroh dan madu yaman mara'i. Dibahas juga jenis-jenisnya, harga dan manfaatnya.

Mengenal jenis-jenis madu yaman sidr, madu sumroh dan madu mara'i, karakteristik dan daftar harga
Mengenal jenis-jenis madu yaman sidr, madu sumroh dan madu mara'i

Sudah sejak berabad-abad yang lalu yaman dikenal sebagai salah satu negara penghasil madu terbaik dunia. Tepatnya di sebuah wadi atau lembah dau'an yang ada di hadramaut yaman selatan. Setiap tahun ribuan peternak lebah semi nomaden tinggal mendekat ke wadi dau'an untuk beternak lebah mereka dan menghasilkan madu-madu terbaik di Yaman.

Madu-madu terbaik di yaman memiliki beragam jenis nama dan sumber nektar, sebagaimana hal ini juga terjadi di negara kita Indonesia, memiliki banyak jenis madu yang berasal dari beraneka ragam nektar. Akan tetapi untuk yang paling terkenalnya madu yaman terdiri dari 3 jenis yaitu : madu sidr, madu sumroh dan madu mara'i.

Jenis-jenis madu yaman

Jenis-jenis madu yaman bisa kita klasifikasikan berdasarkan jenis nektar yang lebah hisap, waktu masa panennya, dan juga asal tempat pemanenan.

Berdasarkan nektar maka dibagi menjadi 3 :

  • Madu sidr adalah madu yang berasal dari nektar pohon bidara atau sidr
  • Madu sumroh adalah madu yang berasal dari nektar pohon sumroh atau syaukah (berduri)
  • Madu mara'i adalah madu yang berasal dari nektar pohon saisabanah, 'alqah dan garmalah.

Berdasarkan waktu masa panen dibagi menjadi 3 :

  • Grade 2 diambil dari panen pertama
  • Grade 1 diambil dari panen kedua
  • Malaki diambil dari panen terakhir

Berdasarkan tempat panen dibagi menjadi 2 :

  • Ushaimi yang berarti berasal dari wadi ushaimat yaman utara
  • Dau'ani yang berarti berasal dari wadi dau'an yaman selatan

Madu Yaman Sidr

Madu sidr adalah madu yaman yang berasal dari lebah yang menghisap nektar pohon sidr atau bidara dalam bahasa Indonesia. Madu sidr ini merupakan salah satu madu terbaik dan termahal dunia. Memiliki tekstur yang sangat lembut dan kental, aroma sidr yang kuat serta rasa yang sangat nikmat. Sehingga madu jenis sidr ini memang yang paling diminati oleh para pecinta madu.

Akan tetapi sebelum memutuskan untuk membeli madu sidr ini sebaiknya kita mempelajari dahulu jenis-jenisnya. Dikarenakan madu sidr ini banyak sekali jenis dan kelasnya. Beda harga beda kualitas dan tentu saja kenikmatannya pun berbeda.

Jenis-jenis madu yaman sidr

Madu sidr merupakan madu yaman yang paling banyak memiliki jenis-jenisnya, beda masa panen beda kualitas, beda tempat dan waktu panen maka beda kualitas pula, dan tentu saja akan berbeda rasa dan harga.

Madu golden sidr fakhir al-'Ushaimi (Madu sidr paling mahal dan terbaik)

Jual Madu Golden Sidr Fakhir al-Ushaimi Yaman Utara asli jaminan kualitas
Madu Golden Sidr Fakhir al-'Ushaimi Yaman Utara

Golden sidr merupakan varian madu sidr yang paling mahal dan yang paling bagus, dikarenakan madu sidr jenis ini diambil dari hasil lebah liar bukan ternak. Lebah-lebah tersebut hidup di gua-gua yang ada sekitaran lembah sehingga madu ini pula sering dikenal dengan istilah "kuhuf" yang berarti gua.

Sesuai namanya "al-'Ushaimi" yang berarti kalau madu ini berasal dari lembah atau wadi ushaimat yang ada di Yaman utara.

Wadi Ushaimat Yaman Utara penghasil madu golden sidr
Wadi Ushaimat Yaman Utara Penghasil Madu Golden Sidr Fakhir

Madu baghiyah sidr fakhir dau'ani

Madu sidr fakhir dau'ani yaman selatan hadramaut wadi dau'an asli jaminan kualitas
Madu Sidr Fakhir Dau'ani Yaman Selatan

Madu sidr fakhir dau'ani juga merupakan varian madu sidr liar. Berbeda dengan golden sidr yang berasal dari Yaman utara yang memiliki suhu sangat dingin bahkan sering disebut dengan kulkasnya yaman. Sidr fakhir dau'ani justru berasal dari wadi dau'an Yaman Selatan yang memiliki cuaca dan suhu yang sangat panas dikarenakan dekat dengan laut.

Sehingga karakteristik keduanya berbeda, golden sidr lebih kekuningan sedangkan fakhir dau'ani lebih kemerahan, demikian pula aroma dan rasanya pun akan memiliki ciri khas masing-masing.

Madu sidr malaki (ternak)

Madu sidr malaki adalah madu sidr yang berasal dari panen terakhir pada musim madu ternak dan dia adalah madu kelas tertinggi untuk jenis madu ternak yaman, memiliki karakteristik lebih jernih dan lebih harum dari pada madu sidr kelas dibawahnya.

Madu sidr grade 1

Madu sidr grade 1 adalah madu sidr yang diambil pada musim kedua dari panen madu sidr. Level madu sidr grade 1 dibawah sidr malaki, dengan memiliki warna yang sedikit lebih gelap, namun dari sisi rasa dan lainnya sekilas tidak ada bedanya.

Madu sidr grade 2

Madu sidr grade 2 adalah madu sidr yang diambil pada musim pertama dari panen madu sidr, dan berada di akhir musim mara’i. Sehingga ada kemungkinan bercampur lebah menghisap pohon sidr dan pohon saisabanah (mara’i), sehingga dinamakan grade madu ini adalah grade 2.

Madu sidr shaify

Madu Sidr Shaify adalah madu sidr yang keluar di musim panas di Wadi Ushaimat Yaman Utara dan dia berasal dari lebah liar. Memiliki cira khas warna kekuningan terang dan kental. Pada asalnya madu sidr hanya keluar di musim dingin, akan tetapi Sidr Shaify keluar di musim panas.

Madu sidr sawrabi

Merupakan madu sidr jenis golden sidr langka yang berbeda dengan madu yaman lainnya karena madu tersebut amat sangat kental dan terdapat serbuk kristal di dalamnya.

Dikarenakan lebah mengambil dari nektar pohon sidr dan pohon bukkayah atau yg dikenal dengan istilah sawrab yang dapat membuat manis glukosa terikat dengan sendirinya dalam kandungan madu. Rasa lezat seperti susu dengan bau sidr yang harum dan ini merupakan termasuk jenis madu sidr fakhir(liar).

Manfaat dan khasiat madu yaman sidr

Madu yaman sidr banyak sekali mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, sehingga dengan izin Allah manfaat madu sidr mampu mengobati berbagai penyakit yang sudah dibuktikan ribuan tahun yang lalu oleh masyarakat yaman. Diantaranya adalah :

  • Memiliki kemampuan membunuh yang kuat terhadap aneka bakteri, bahkan lebih hebat dibanding anti-mikroba yang paling hebat yang digunakan kedokteran modern saat ini dan tanpa effect samping seperti halnya obat modern.
  • Madu ini juga bersifat antibiotic, antiseptic.
  • Berkhasiat sebagai pembangkit stamina dan memperbanyak kandungan sperma.
  • Mengatasi gangguan pada hati dan lambung.
  • Pengobatan untuk infeksi saluran pernafasan.
  • Mengatasi penyakit akibat kurang gizi, gangguan pencernaan & sembelit.
  • Menyembuhkan dengan seizin Allah panyakit pada mata.
  • Meningkatkan immunitas, dan berkhasiat untuk luka akibat infeksi, luka bakar serta luka akibat operasi.
  • Membantu pengobatan penderita diabetes.
  • Membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas
  • Membantu mengontrol berat badan
  • Membantu mengurangi gejala maag, dst.

Daftar harga madu yaman sidr

Madu yaman sidr memiliki banyak varian yang dibagi berdasarkan kualitasnya, hal itu karenakan perbedaan musim panennya, dan juga letak atau daerah sumber lebah menghisap nektar. Berikut adalah daftar harga madu yaman sidr diurutkan dari yang paling top nya.

Jenis Madu Berat Harga
Golden Sidr Fakhir 1kg Rp2.660.000,-
500gr Rp1.330.000,-
250gr Rp700.000,-
Sidr Fakhir Dau'ani 1kg Rp2.240.000,-
500gr Rp1.120.000,-
250gr Rp630.000,-
Sidr Malaki 1kg Rp1.680.000,-
500gr Rp910.000,-
250gr Rp600.000,-
Sidr Grade 1 1kg Rp1.260.000,-
500gr Rp700.000,-
250gr Rp420.000,-
Sidr Grade 2 1kg Rp980.000,-
500gr Rp560.000,-
250gr Rp350.000,-
Sidr Shaify 1kg Rp1.400.000,-
500gr Rp700.000,-
Sidr Super Sarang 1 kaleng Rp2.240.000,-

Madu Yaman Sumroh

Mengenal madu sumroh, madu sumrah, madu sumar, sumroh fakhir, karakteristik dan daftar harga
Madu Yaman Sumroh

Madu sumroh (disebut juga: sumrah/sumur/sumar) adalah salah satu jenis madu yaman yang menghisap nektar dari pohon sumrah atau syaukah yang artinya pohon berduri, dikarenakan memang pohon sumroh ini penuh dengan duri. Madu sumroh juga berasal dari wadi dau'an, Hadramaut, Yaman Selatan.

Diantara karakteristiknya adalah memiliki rasa manis yang lebih kuat, serta memiliki warna yang paling pekat daripada jenis madu yaman yang lainnya.

Jenis-jenis madu yaman sumroh

Madu sumroh terbagi menjadi 2 bagian yaitu madu sumroh ternak dan juga sumroh fakhir atau liar.

Madu yaman sumroh ternak

Madu sumroh jenis ini biasa diternak oleh peternak lebah di wadi dau'an dengan cara meletakan kotak-kotak sarang lebah dibawah pohon syaukah atau sumroh. Sehingga nanti akan keluar darinya madu sumroh yang kita kenal.

Madu yaman sumroh fakhir

Sedangkan madu sumroh fakhir ini adalah madu sumroh yang diambil dari lebah liar yang hidup di gua-gua disisi wadi dau'an. Yang mana musim panen madu sumroh adalah sekitar bulan Mei, Juni dan Juli.

Manfaat dan khasiat madu yaman sumroh

Madu yaman sumroh memiliki banyak khasiat, yang paling terkenal adalah sebagai solusi masalah kewanitaan seperti haid tidak lancar dan membersihkan rahim setelah melahirkan. Diantara khasiatnya yang lain adalah sebagai berikut:

  • Madu ini merupakan solusi dari diabetes. Bahkan di yaman madu ini disebut sebagai lnsulin nabati.
  • Bermanfaat untuk mengeluarkan sesuatu yang bukan dari tubuh seperti virus, racun dan bakteri.
  • Pengobatan untuk toxo plasma dan toxo rubella.
  • Solusi bagi wanita yang memiliki darah haid yang tidak normal dan tidak teratur.
  • Membersihkan rahim setelah melahirkan dan akibat keguguran tanpa harus operasi kuret.
  • Bikin tidur lebih nyenyak.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengobati batuk dan sakit tenggorokan.
  • Mengurangi risiko diabetes.
  • Mencegah kanker dan serangan jantung.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan fungsi hati.
  • Mencegah alergi serbuk sari.

Daftar harga madu yaman sumroh

Madu sumroh ternak dan sumroh fakhir memiliki beberapa varian harga berdasarkan berat ukurannya, berikut daftar harga madu sumroh:

Jenis Madu Berat Harga
Sumroh Fakhir 1kg Rp840.000,-
500gr Rp490.000,-
Sumroh Ternak 1kg Rp700.000,-
500gr Rp420.000,-
Sumroh Super Sarang 1 kaleng Rp1.400.000,-

Madu Yaman Mara'i

Mengenal jenis-jenis madu yaman mara'i dan madu mara'i fakhir, karakteristik dan daftar harga
Madu Yaman Mara'i dan jenisnya

Madu mara'i adalah salah satu madu yaman yang berasal dari lebah yang menghisap nektar pohon saisabanah, 'alqah atau garmalah. Tanaman ini tumbuh subur dan banyak disekitaran wadi dau'an.

Terkhusus garmalah ini merupakan sejenis rerumputan sehingga bunganya selalu ada sepanjang tahun, oleh karena inilah madu mara'i adalah madu yaman yang kuantitasnya paling banyak dan harganya pun yang paling murah.

Jenis-jenis madu yaman mara'i

Jenis madu yaman mara'i apabila dilihat dari jenis nektar yang bunga hisap makan akan terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Madu mara'i khalaya adalah madu mara'i yang berasal dari lebah yang menghisap nektar pohon 'alqah.
  • Madu mara'i ahmar adalah madu mara'i yang berasal dari lebah yang menghisap nektar pohon 'garmalah.
  • Madu mara'i jabuh adalah madu mara'i yang berasal dari lebah yang menghisap nektar pohon saisabanah.

Adapun jika dilihat dari jenis ternak dan liarnya, maka madu mara'i dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Madu mara'i ternak adalah madu mara'i yang berasal dari lebah ternak dilembah dau'an.
  • Madu mara'i fakhir adalah madu mara'i yang berasal dari lebah liar yang berada digua-gua sekitaran lembah dau'an.

Manfaat dan khasiat madu yaman mara'i

Madu yaman mara'i kaya akan nutrisi, dikarenakan stok yang melimpah maka madu mara'i biasa menjadi konsumsi rutin masyarakat yaman. Sebagai penyempurna nutrisi harian mereka, dan juga sering dipakai untuk hidangan penyambut tamu dan acara-acara mereka. Namun madu mara'i juga memiliki khasiat lainnya seperti:

  • Mencegah Kanker dan Menyehatkan Jantung.
  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh.
  • Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan.
  • Menyembuhkan Luka.
  • Mengurangi keputihan yang disebabkan bakteri dan jamur.
  • Kombinasi dari kandungan fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah.
  • Pada ibu hamil madu berfungsi sebagai antibodi selama masa kehamilan.

Daftar harga madu yaman mara'i

Madu mara'i ternak dan mara'i fakhir memiliki beberapa varian harga berdasarkan berat ukurannya, berikut daftar harga madu mara'i:

Jenis Madu Berat Harga
Mara'i Fakhir 1kg Rp525.000,-
500gr Rp325.000,-
Mara'i 1kg Rp420.000,-
500gr Rp245.000,-
Mara'i Super Sarang 1 kaleng Rp840.000,-

Demikianlah penjelasan lengkap dan detail tentang madu yaman sidr, madu sumroh dan mara'i yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, untuk keterangan lebih jelas untuk masing-masing madu mungkin akan kami bahasa pada artikel lainnya. Semoga bermanfaat!