Pohon Sidr (Bidara) : Sumber Nektar Madu Yaman Terbaik Sidr

Madu sidr berasal dari nektar pohon yang bernama sidr atau bidara, lantas seperti apakah bentuk dari pohon sidr tersebut ? Berikut ulasannya.

Pohon Sidr (Bidara) : Sumber Nektar Madu Yaman Terbaik Sidr
Pohon Sidr (Bidara) : Sumber Nektar Madu Yaman Terbaik Sidr

Rahasia madu Sidr yang telah lama dicintai terletak pada kisah pohon Sidr kuno yang menakjubkan (Ziziphus spina-christi), juga dikenal sebagai pohon Lote, Duri Kristus, Jujube atau pohon Nabkh. Penduduk setempat telah menggunakan semua bagian pohon ini untuk mengobati berbagai jenis gangguan kesehatan.

Daun Sidr, yang kaya akan kalsium, zat besi dan magnesium, memiliki efek terapeutik yang melawan banyak kondisi kesehatan yang buruk. Sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya yang kuat digunakan dalam pembuatan disinfektan luka alami sementara minyak yang diekstraksi dari resin digunakan untuk deodoran.

Selain itu, daunnya merupakan komponen kuat dari shampo herbal yang mengobati ketombe serta kutu rambut. Sebagai agen anti-inflamasi, daun Sidr menenangkan mata bengkak, abses, furunkel, dan di sisi lain memerangi obesitas juga. Bahkan ketika pohon Sidr berubah menjadi abu, itu adalah penawar racun yang digunakan dalam pengobatan gigitan ular.

Buah dari pohon Sidr yang bijinya kaya akan protein memiliki nilai gizi yang tinggi yang dapat meningkatkan energi dan memperkuat kekebalan tubuh. Akar, kulit batang juga digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan.

Akar, batang, dan kulit kayu, yang digunakan untuk mengobati gangguan kulit dan pencernaan pada komunitas tertentu, telah menarik minat penelitian ilmiah karena telah menunjukkan potensi untuk mengatasi kanker, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

Pohon Sidr (Bidara) : Sumber Nektar Madu Yaman Terbaik Sidr
Pohon Sidr (Bidara) : Sumber Nektar Madu Yaman Terbaik Sidr

Deskripsi Tanaman

Pohon Sidr adalah pohon kokoh dan berakar dalam yang telah bertahan dari banjir dahsyat Eram di Ma'arib Yaman dengan dua pohon lainnya: Tamariska dan Pohon Mustard. Pohon Sidr milik keluarga tanaman "Ziziphus". Rata-rata ukuran pohon biasanya antara 7-8 meter. Cabang-cabangnya lunak dan berwarna abu-abu kekuningan. Bunga tanaman ini berwarna kuning serta buah sidr berbentuk bulat yang berubah menjadi kemerahan saat matang yang dinamakan dum.

Habitat

Tanaman Sidr tumbuh di daerah pesisir, gurun, dan semi gurun. Pohon Sidr dapat ditemukan di India, Pakistan, Ethiopia, Mesir, Libya, Sudan, dan di bagian selatan Jazirah Arab. Pohon itu tumbuh secara luas di bagian timur dan utara Yaman dan Arab Saudi dan permintaan global untuk Madu Sidr Yaman jauh lebih curam dari biasanya.

Nilai gizi

Buah dari pohon Sidr yang bijinya kaya akan protein memiliki nilai gizi yang tinggi yang dapat meningkatkan energi dan memperkuat kekebalan tubuh. Daunnya, di sisi lain, kaya akan kalsium, zat besi, dan magnesium.

Referensi sejarah

Pohon Sidr adalah pohon kuno, disebutkan empat kali dalam Al-Qur'an. Di Sura Saba. Di sana disebutkan sebagai pohon bumi sedangkan di Surah lain disebutkan sebagai pohon surga (Sidrat al-Muntaha).
Buah Pohon Sidr (Bidara) di Yaman
Buah Pohon Sidr (Bidara) di Yaman