Manfaat Madu Sidr untuk Diabetes

Madu sidr memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah untuk mengatasi penyakit diabetes. Lalu seperti apakah penyakit diabetes itu ?

Manfaat Madu Sidr untuk Diabetes
Manfaat Madu Sidr untuk Diabetes

Madu telah digunakan untuk tujuan pengobatan dan kecantikan sejak zaman kuno. Ini memiliki sifat penyembuhan dan penghapusan penyakit menular yang luar biasa. Nenek moyang dan ahli kita telah menganggap madu sebagai emas cair yang manis karena hal ini.

Ada berbagai macam madu di seluruh dunia. Tapi, madu Sidr adalah madu paling khas di dunia. Itu diperoleh dari hutan Yaman dari pohon Sidr yang suci dan lebah madu yang menghasilkan madu Sidr hanya bergantung pada nektar dari pohon-pohon ini. Ini adalah bentuk madu paling mahal dan paling langka di seluruh dunia karena madu kaya akan sifat anti-infeksi dan memiliki rasa yang istimewa. Ini berwarna emas muda dan menjadi gelap dan berubah menjadi kemerahan seiring waktu.

Mengapa harus madu sidr? 

Madu Sidr Yaman dikumpulkan dari nektar bunga pohon suci bernama pohon Sidr Lote. Ini memiliki nama yang berbeda di berbagai negara. Peternak lebah Yaman masih cenderung ke cara tradisional mengumpulkan madu dan itulah mengapa tidak ada bahan kimia yang dicampur dalam produk akhir.

Madu Sidr adalah obat yang terbukti untuk sakit perut, infeksi, kanker, masalah pencernaan, masalah kulit dan banyak lagi. Jika Anda memiliki penyakit seperti diabetes dan sedang memikirkan apa yang harus digunakan sebagai pemanis, maka madu Sidr adalah pilihan terbaik. Satu sendok makan madu Sidr hanya mengandung 60 kalori dan 82 gram karbohidrat yang sedikit lebih banyak dari gula meja. Anda bisa mengganti pemanis lain dengan madu ini.

Apa sebenarnya Diabetes itu?

Penyakit diabetes terjadi ketika glukosa darah atau kadar gula darah meningkat dalam tubuh Anda. Pada penyakit ini tubuh tidak mampu mengolah makanan dengan baik untuk digunakan sebagai energi. Sebagian besar makanan yang kita makan digunakan sebagai sumber energi dengan mengubahnya menjadi glukosa. Pankreas mengeluarkan hormon bernama insulin untuk membantu glukosa masuk ke sel kita. Ketika Anda menderita diabetes, pankreas Anda tidak mengeluarkan cukup insulin atau insulin tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Ini meningkatkan kadar gula dalam darah Anda.

Gejala umum diabetes antara lain rasa lapar yang meningkat, rasa haus yang meningkat, penurunan berat badan, sering buang air kecil, pandangan kabur dan luka yang tidak kunjung sembuh. Seorang pria diabetes mungkin mengalami penurunan gairah seks dan kekuatan otot yang buruk. Sedangkan, wanita yang menderita diabetes mungkin mengalami infeksi saluran kemih atau infeksi jamur.

Sekarang Anda tahu tentang diabetes, saatnya untuk mencari tahu mengapa Anda harus memiliki madu Sidr untuk Diabetes.

Khasiat madu Sidr untuk diabetes:

Banyak orang merekomendasikan mengambil madu Sidr untuk Diabetes karena tidak hanya membantu dalam mengendalikan glikemia, tetapi juga membantu dalam meningkatkan masalah metabolisme yang terkait.

Studi yang dilakukan menawarkan manfaat madu Sidr untuk diabetes telah mencatat peningkatan tingkat insulin dan penurunan hiperglikemia dan fruktosamin. Alasan lain mengapa para ahli merekomendasikan madu Sidr untuk diabetes adalah karena menurunkan kadar gula darah. Madu juga mengurangi peningkatan kadar kreatinin, bilirubin, dan kolesterol.

Madu Sidr kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Jumlah antioksidan yang lebih tinggi membantu meningkatkan metabolisme gula dalam tubuh Anda. Selain itu, tubuh berhenti merespons insulin karena peradangan. Sifat anti-inflamasi yang ada dalam madu mengurangi komplikasi diabetes, itulah sebabnya Anda harus mengonsumsi madu Sidr untuk diabetes.

Efek hipoglikemik madu mungkin membantu untuk melindungi pankreas - organ yang sangat penting yang menghasilkan dua hormon pengatur glukosa - insulin dan glukagon, terhadap stres oksidatif.

Madu Sidr memiliki lebih banyak kalori daripada gula. Di sisi lain, madu Sidr adalah bentuk madu yang paling murni. Juga, ia memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan nilai energik. Selain itu, jumlah fruktosa yang ada dalam madu memainkan peran penting dalam penyimpanan glukosa sebagai glikogen oleh hati.

Seperti halnya setiap penderita diabetes, manajemen penyembuhan luka harus dijaga dengan baik. Luka pada penderita diabetes berbeda dengan luka pada umumnya. Mereka membutuhkan banyak waktu dalam penyembuhan atau tidak sembuh sama sekali. Madu Sidr, karena sifat antibakterinya, digunakan sebagai obat untuk luka ini. Ini karena adanya pH asam, efek osmotik, dan oksida nitrat.

Telah terbukti dari penelitian eksperimental bahwa mengonsumsi madu Sidr untuk diabetes dapat sangat bermanfaat bagi orang-orang. Ini dapat membatasi gangguan metabolisme yang parah dan melindungi organ lain dari komplikasi diabetes lainnya. Madu meningkatkan kesehatan jantung, penyembuhan luka dan status oksidan darah.

Ini adalah pemanis alami yang aman dan dianggap sebagai terapi yang baik. Ini adalah alternatif yang sangat baik untuk gula dalam upaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menstabilkan gula darah. Ini juga membantu mengurangi kelainan lipid dan kondisi seperti obesitas.

Madu Sidr sangat bermanfaat dan harus digunakan sebagai pengganti gula. Jadi, segera ganti pemanis Anda yang lain dengan madu Sidr untuk pengobatan diabetes.