Apa Perbedaan Madu Sidr Fakhir Ushaimi dan Sidr Fakhir Dau'ani ?

Diantara jenis madu sidr yang paling bagus dan mahal adalah golden sidr fakhir ushaimi dan sidr baghiyah fakhir dau'ani. Lantas apa perbedaannya ?

perbedaan madu sidr golden sidr fakhir ushaimi dan sidr fakhir dau'ani
Perbedaan Golden Sidr Fakhir Ushaimi dan Sidr Fakhir Dau'ani

Perbedaan antara Madu sidr fakhir Ushaimi dan Sidr fakhir dau'ani hadrami adalah bahwa mereka dipanen dari dua daerah berbeda di Yaman (Hadramout dan Ushaimat). Wadi ushaimat berada di dataran tinggi yang dingin, bahkan dikenal dengan sebutan kulkasnya Yaman, sedangkan wadi dau'an hadrmaut berada di dataran rendah dekat pantai yang panas.

Dari segi warna pun berbeda, madu golden sidr memiliki karakteristik warna yang lebih condong kuning keemasan dengan aroma sidr yang kuat, sedangkan sidr fakhir dau'ani lebih condong kemerahan dan gelap.

Sidr Fakhir Dau'ani

Golden Sidr Fakhir Ushaimi

Namun demikian, rasanya sangat dekat dan keduanya dikenal karena kualitas terapeutiknya yang manjur. Dan keduanya memiliki kwalitas yang terbaik dari semua jenis madu sidr yaman. Demikian pula soal warna madu golden sidr ketika awal panen memiliki warna yang kuning keemasan namun beriring berjalannya waktu maka warnanya pun akan semakin menggelap.

Kalau ditanya mana yang lebih bagus ? Jawabannya adalah golden sidr fakhir ushaimi, dari harganya juga sudah terlihat berbeda, Golden sidr @1kg Rp2.660.000,- sedangkan sidr fakhir dau'ani @1kg hanya Rp2.240.000,-